Jumat, 15 Juni 2018

7 Media Wajib Agar Tembus Target


7 Media Wajib Agar Tembus Target

Saat ini berjualan online menjadi pilihan yang banyak digunakan oleh para pebisnis. Ketika berbicara soal online, maka kita akan berbicara soal medianya. Selain praktis dan cepat, penggunaan media online dinilai lebih efektif dibandingkan dengan berjualan offline. Jika Anda memutuskan untuk membangun bisnis online, Anda harus tahu dulu media apa saja yang wajib digunakan. Langsung saja yuk simak 7 media wajib agar tembus target.

1.     Facebook
Facebook merupakan salah satu media sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Pengguna Facebook sudah mencapai lebih dari 111 juta orang. Maka dari itu Facebook dinilai memiliki potensi yang cukup besar untuk berjualan online. Dan merupakan media wajib yang harus dimaksimalkan bagi setiap pebisnis online. Banyaknya yang memiliki Facebook, Anda bisa menggunakannya untuk mengumpulkan database, dan Anda dapat menentukan target market Anda.
Facebook sangat cocok untuk membangun personal branding agar semakin dikenal. Caranya Anda bisa add friend di akun Facebook pribadi dan berkenalan dengan banyak orang. Setelah dikenal, Anda akan lebih mudah untuk dipercaya dan mudah juga melakukan penjualan. Karena jika tidak ada kepercayaan maka tidak akan ada penjualan. No Trust No Sale.

2.     WhatsApp
Saat ini Whatsapp atau WA merupakan salah satu media chatting yang banyak digunakan. Pengguna SMS beralih menggunakan WA. Dikenal memiliki banyak keuntungan, WA merupakan media penyampaian yang paling ampuh. Hemat penggunaan paket data, tidak ada iklan, pengiriman cepat, tersambung dengan kontak handphone, dapat menyimpan kontak yang tak terbatas, mudah untuk broadcast, dan lain-lain. Karena bersifat fast respond, WA banyak digunakan oleh para pebisnis sebagai media untuk bertransaksi. WA juga dapat digunakan untuk sarana personal branding dengan membuat group atau membuat broadcast materi secara rutin. Selain itu kita juga bisa melakukan edukasi produk, penawaran, negosiasi, follow up hingga closing.

3.     Instagram
Menggunakan Instagram untuk berbisnis tidak bisa hanya mengandalkan kata-kata yang menarik saja, gambar dan konten yang menarik merupakan syarat utama untuk mendapatkan banyak prospek dalam bentuk follower. Saat ini Instagram memiliki pengguna lebih banyak dibanding dengan Facebook. Ketika Anda memilih Instagram untuk berjualan, Anda juga harus bisa membuat konten yang menarik, seperti bermain warna pada feed Instagram, membuat caption yang bagus dan tepat, dan membuat program yang unik. Selain itu gunakan hashtag populer pada setiap postingan. Hastag yang tepat akan membuat postingan Anda muncul di pencarian pertama. Semakin banyak hastag populer yang digunakan, maka potensi postingan Anda muncul ke prospek akan semakin besar.

4.     Telegram
Mungkin masih ada sebagian orang yang belum mengenal media sosial yang satu ini. Telegram hampir mirip dengan Whatsapp, dengan begitu telegram memiliki kelebihan dan kekurangan.
Kelebihannya telegram menyimpan history chat dalam cloud-nya sendiri alias tersimpan secara online walaupun Anda mengganti handphone. Telegram juga memiliki tipe media sharing satu arah, yaitu telegram channel. Biasanya digunakan untuk memberikan edukasi atau informasi.
Kekurangannya pengguna telegram tidak sebanyak WA karena banyak yang merasa tidak memerlukan telegram, sehingga lebih banyak yang memilih menggunakan WA.

5.     Email marketing
Selain mengandalkan media sosial untuk bisnis Anda, penggunaan email juga harus dimaksimalkan agar menghasilkan banyak penjualan. Sekarang hampir semua media sosial mewajibkan pemilknya memiliki akun email, oleh karena itu sebaiknya Anda mulai mengumpulkan alamat email calon prospek Anda, sarana ini disebut sebagai email marketing.
Anda dapat menukar dengan lead magnet yang Anda tawarkan di media sosial berupa ebook, webinar, kupon diskon, sharing materi, dan lain-lain. Dengan menggunakan email marketing, Anda dapat menampung kontak email, follow up, dan membuat promosi Anda berjalan secara otomatis. Anda dapat gunakan kirim email, GetRespons dan MailChimp.

6.     Website
Kali ini website yang akan dibahas adalah website untuk toko online. Penggunaan website sangat cocok untuk pebisnis yang tidak mau repot dengan menyewa atau membangun toko fisik. Banyak jenis website gratis yang bisa dibuat dengan mudah seperti blog, wordpress, dan lain-lain. Dengan memiliki website, Anda dapat menaikkan personal branding apalagi jika menggunakan domain profesional seperti namatoko.com
Lebih baik jika Anda menggunakan website profesional dengan cara membeli domain atau membayar orang untuk membuat website khusus. Dengan begitu, dapat mempermudah transaksi serta banyak fitur yang tersedia seperti promo berjangka waktu, menyimpan data pelanggan, menghitung ongkir, selau standby 24 jam, dan masih banyak lagi. Adanya website juga membuat orang lain percaya dan merasa aman ketika melakukan pembelian.
  
7.     Paid traffic
Sebelumnya kita sudah membahas media organik, sekarang kita akan membahas media yang berbayar. Salah satu media yang dapat memaksimalkan adalah paid traffic.
Apakah Anda pernah mendengar tentang Facebook Ads, Instagram Ads, dan Google AdWords?
Media-media tersebut sangat ampuh untuk memperbanyak prospek. Dengan menggunakan media-media tersebut, Anda memerlukan modal di awal, besarnya tergantung besaran budget atau jangkauan yang Anda tentukan. Intinya, semakin banyak biaya yang Anda keluarkan, semakin besar jangkauan iklan Anda tersebar. Selain itu, Anda juga perlu pemahaman khusus untuk menggunakan paid traffic ini, tidak ada salahnya Anda mulai mempelajari media paid traffic untuk memperbesar bisnis Anda.

Inspired by Buku “Cara Meraih Sejuta Sehari Jualan Online”
By Hermas Puspito & Nur Ahmad Fauzi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar