7
Media Wajib Agar Tembus Target
Saat ini berjualan
online menjadi pilihan yang banyak digunakan oleh para pebisnis. Ketika
berbicara soal online, maka kita akan berbicara soal medianya. Selain praktis
dan cepat, penggunaan media online dinilai lebih efektif dibandingkan dengan
berjualan offline. Jika Anda memutuskan untuk membangun bisnis online, Anda
harus tahu dulu media apa saja yang wajib digunakan. Langsung saja yuk simak 7
media wajib agar tembus target.
1. Facebook
Facebook
merupakan salah satu media sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat
Indonesia. Pengguna Facebook sudah mencapai lebih dari 111 juta orang. Maka
dari itu Facebook dinilai memiliki potensi yang cukup besar untuk berjualan
online. Dan merupakan media wajib yang harus dimaksimalkan bagi setiap pebisnis
online. Banyaknya yang memiliki Facebook, Anda bisa menggunakannya untuk
mengumpulkan database, dan Anda dapat
menentukan target market Anda.
Facebook
sangat cocok untuk membangun personal branding
agar semakin dikenal. Caranya Anda bisa add
friend di akun Facebook pribadi dan berkenalan dengan banyak orang. Setelah
dikenal, Anda akan lebih mudah untuk dipercaya dan mudah juga melakukan
penjualan. Karena jika tidak ada kepercayaan maka tidak akan ada penjualan. No Trust No Sale.
2. WhatsApp
Saat
ini Whatsapp atau WA merupakan salah satu media chatting yang banyak digunakan. Pengguna SMS beralih menggunakan
WA. Dikenal memiliki banyak keuntungan, WA merupakan media penyampaian yang
paling ampuh. Hemat penggunaan paket data, tidak ada iklan, pengiriman cepat,
tersambung dengan kontak handphone, dapat menyimpan kontak yang tak terbatas,
mudah untuk broadcast, dan lain-lain.
Karena bersifat fast respond, WA
banyak digunakan oleh para pebisnis sebagai media untuk bertransaksi. WA juga
dapat digunakan untuk sarana personal
branding dengan membuat group atau
membuat broadcast materi secara
rutin. Selain itu kita juga bisa melakukan edukasi produk, penawaran,
negosiasi, follow up hingga closing.
3. Instagram
Menggunakan
Instagram untuk berbisnis tidak bisa hanya mengandalkan kata-kata yang menarik
saja, gambar dan konten yang menarik merupakan syarat utama untuk mendapatkan
banyak prospek dalam bentuk follower.
Saat ini Instagram memiliki pengguna lebih banyak dibanding dengan Facebook.
Ketika Anda memilih Instagram untuk berjualan, Anda juga harus bisa membuat
konten yang menarik, seperti bermain warna pada feed Instagram, membuat caption
yang bagus dan tepat, dan membuat program yang unik. Selain itu gunakan
hashtag populer pada setiap postingan. Hastag yang tepat akan membuat postingan
Anda muncul di pencarian pertama. Semakin banyak hastag populer yang digunakan,
maka potensi postingan Anda muncul ke prospek akan semakin besar.
4. Telegram
Mungkin
masih ada sebagian orang yang belum mengenal media sosial yang satu ini.
Telegram hampir mirip dengan Whatsapp, dengan begitu telegram memiliki
kelebihan dan kekurangan.
Kelebihannya
telegram menyimpan history chat dalam
cloud-nya sendiri alias tersimpan
secara online walaupun Anda mengganti handphone. Telegram juga memiliki tipe
media sharing satu arah, yaitu telegram channel. Biasanya digunakan untuk
memberikan edukasi atau informasi.
Kekurangannya
pengguna telegram tidak sebanyak WA karena banyak yang merasa tidak memerlukan
telegram, sehingga lebih banyak yang memilih menggunakan WA.
5. Email
marketing
Selain
mengandalkan media sosial untuk bisnis Anda, penggunaan email juga harus
dimaksimalkan agar menghasilkan banyak penjualan. Sekarang hampir semua media
sosial mewajibkan pemilknya memiliki akun email, oleh karena itu sebaiknya Anda
mulai mengumpulkan alamat email calon prospek Anda, sarana ini disebut sebagai
email marketing.
Anda
dapat menukar dengan lead magnet yang
Anda tawarkan di media sosial berupa ebook, webinar, kupon diskon, sharing
materi, dan lain-lain. Dengan menggunakan email marketing, Anda dapat menampung
kontak email, follow up, dan membuat
promosi Anda berjalan secara otomatis. Anda dapat gunakan kirim email, GetRespons dan MailChimp.
6. Website
Kali
ini website yang akan dibahas adalah website untuk toko online. Penggunaan
website sangat cocok untuk pebisnis yang tidak mau repot dengan menyewa atau
membangun toko fisik. Banyak jenis website gratis yang bisa dibuat dengan mudah
seperti blog, wordpress, dan lain-lain. Dengan memiliki website, Anda dapat
menaikkan personal branding apalagi
jika menggunakan domain profesional seperti namatoko.com
Lebih
baik jika Anda menggunakan website profesional dengan cara membeli domain atau
membayar orang untuk membuat website khusus. Dengan begitu, dapat mempermudah
transaksi serta banyak fitur yang tersedia seperti promo berjangka waktu,
menyimpan data pelanggan, menghitung ongkir, selau standby 24 jam, dan masih banyak lagi. Adanya website juga membuat
orang lain percaya dan merasa aman ketika melakukan pembelian.
7. Paid
traffic
Sebelumnya
kita sudah membahas media organik, sekarang kita akan membahas media yang
berbayar. Salah satu media yang dapat memaksimalkan adalah paid traffic.
Apakah
Anda pernah mendengar tentang Facebook Ads, Instagram Ads, dan Google AdWords?
Media-media
tersebut sangat ampuh untuk memperbanyak prospek. Dengan menggunakan
media-media tersebut, Anda memerlukan modal di awal, besarnya tergantung besaran
budget atau jangkauan yang Anda tentukan. Intinya, semakin banyak biaya yang Anda
keluarkan, semakin besar jangkauan iklan Anda tersebar. Selain itu, Anda juga
perlu pemahaman khusus untuk menggunakan paid
traffic ini, tidak ada salahnya Anda mulai mempelajari media paid traffic
untuk memperbesar bisnis Anda.
Inspired by Buku “Cara
Meraih Sejuta Sehari Jualan Online”
By Hermas Puspito &
Nur Ahmad Fauzi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar