Rabu, 01 Agustus 2018

Hindari 7 Kesalahan ini dalam Berbisnis Kuliner


Sebenarnya tips kali ini cocok banget buat para pemula yang baru saja memulai bisnisnya. Karena biasanya banyak hal yang belum pernah dialami oleh mereka. Namun tips kali ini juga tidak kalah pentingnya bagi yang sudah lama terjun di dunia bisnis. Karena bagaimanapun juga untuk mendirikan bisnis yang sukses tentunya butuh proses yang panjang dan melakukan kesalahan adalah hal yang tidak dapat dihindari.
Terkadang, kesalahan itu akan berakibat fatal dan menyebabkan kegagalan. Tapi tenang saja, kesalahan itu masih bisa diatasi, bahkan bisa menjadi motivasi buat kita semua kedepannya. Namun, lebih baik kesalahan itu dicegah daripada harus terlanjur merasakannya sendiri. Maka dari itu, supaya bisa mencegahnya langsung simak yuk 7 kesalahan dalam berbisnis, khususnya untuk bisnis kuliner di bawah ini.

1.     Kesalahan Riset Pasar dan Kompetitor
Dalam menganalisis kompetitor, persiapkan rencana dan  strateginya dulu. Anda harus teliti dalam membaca pasar dan jangan menjual kuliner yang sudah banyak dijual di daerah Anda. Kalau ingin sama, buatlah inovasi supaya produk Anda memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri.
2.     Minim Pengalaman dan Pemahaman
Ketika ingin membangun bisnis kuliner, usahakan jangan langsung ambil tindakan eksekusi. Karena jika minim pengalaman dan pemahaman, hal itu akan jadi boomerang buat Anda. Belajarlah dari orang-orang yang sudah berpengalaman atau cari informasi mengenai bisnis kuliner.
3.     Lokasi Bisnis
Lokasi sangat berpengaruh dengan penjualan Anda. Lokasi bisnis itu perlu dipertimbangkan, sebaiknya pilih lokasi yang cukup strategi seperti di dekat kampus, sekolah, perkantoran, tempat wisata, dan lain-lain. Sehingga potensi untuk laris manis akan terbuka lebar. Tapi ada saja lho lokasi yang masuk gang namun restonya penuh setiap hari, tapi kalau yang seperti itu dibangunnya sudah puluhan tahun. Nah, buat yang masih baru, lokasi strategis itu sangat penting ya.

4.     Kualitas Makanan
Kualitas makanan juga mempengaruhi rasa makanan. Terutama jika tempatnya bersih, hal itu tidak hanya membuat konsumen merasa kenyang, tapi akan merasa nyaman dan makanan yang disantap pun akan terasa lebih enak. Kalau tidak diimbangin dengan kualitas yang baik, pelanggan juga akan malas datang ke tempat makan Anda.
5.     Tidak Melakukan Promosi
Bisnis tidak akan berjalan tanpa adanya promosi. Tidak hanya bisa mengandalkan promosi dari mulut ke mulut saja. Di zaman sekarang promosi sudah bisa dilakukan dengan mudah dan bisa kapan saja. Manfaatkan media sosial sebagai media promosi untuk bisnis Anda. Rajinlah memposting promosi via online. Atau jika ingin mempelajari lebih lanjut tentang promosi, Anda bisa baca e-book terbaru dari kami yang berjudul “Kata-Kata Promosi yang Menjual untuk Resto Anda.” Linknya bisa Anda klik di postingan kami sebelumnya.


6.     Lemah dalam Inventaris Barang dan Kontrol Staf
Nah, kalau yang ini termasuk dalam faktor internal. Untuk menghindari adanya penyalahgunaan atau penyelewengan barang oleh karyawan. Maka dari itu jangan sampai lemah kontrol, karena jika lemah dalam kontrol inventaris barang dan staff bisa menimbulkan kerugian pada perusahaan Anda. Jadi, tingkatkan lagi pengawasan terhadap barang dan karyawan Anda.

7.     Manajemen Keuangan Buruk
Masalah uang menjadi hal yang sensitif dan krusial. Jangan hanya mengandalkan karyawan yang mengurus keuangan. Anda juga perlu mempelajari soal manajemen keuangan. Saat bisnis sedang berkembang, kemungkinan Anda akan tergoda untuk menggunakan uang tersebut secara berlebihan. Maka dari itu, Anda harus bisa me-manage uang tersebut supaya nantinya tidak kehilangan modal.

Mempelejari pahit dalam berbisnis itu penting lho. Jangan lupa juga untuk belajar dari pengalaman orang lain. Semoga tips dari Foodizz kali ini bermanfaat dan bisa langsung Anda praktekkan.
Inspired by liputan6.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar