Selasa, 14 Agustus 2018

Creating Great Event Marketing di Restaurant Kamu


Di tengah derasnya perkembangan teknologi saat ini, banyak perusahaan yang memilih cara online untuk melakukan promosi. Terutama penggunaan media sosial yang dijadikan andalan untuk mempromosikan brand. Penggunaan media online dinilai lebih murah, lebih cepat, dan praktis. Namun dibalik banyaknya keuntungan yang bisa didapatkan dari media online, tidak sedikit perusahaan yang memilih membuat event marketing untuk mempromosikan bisnisnya. Event marketing tidak bisa dilakukan sembarangan, karena butuh biaya dan juga tempat. Walaupun begitu, event marketing juga dinilai efektif dan memiliki peran penting dalam pemasaran.
Apakah Anda tertarik untuk melalukan event marketing? Tapi tunggu dulu, ada hal-hal yang harus dipertimbangkan dalam merencanakan event marketing untuk mendapatkan hasil yang baik, simak selengkapnya di bawah ini:
1.     The publicity
Publisitas yang dimaksud disini adalah sebuah event harus mengandung nilai berita. Mengapa? Karena untuk menarik penjualan berita atau media yang meliput event kita. Namun publisitas saat ini semakin menurun karena konsep event yang itu-itu saja. Bahkan semakin lama banyak event yang masuk rekor MURI. Dahulu, event yang berhadiah mahal banyak disukai orang, tapi sekarang sudah terasa biasa saja. Maka dari itu, nilai publisitas dapat diangkat dari konsep yang fresh dan yang paling penting adalah bisa menarik konsumen untuk datang ke event marketing kita.

2.     Audiensnya adalah target market
Yang harus diingat adalah tujuan utama dari event marketing itu adalah untuk mengangkat brand positioning di mata konsumen dan akhirnya mau membeli produk Anda. maka audiensnya pun harus sesuai dengan target market. Misalnya kita mempromosikan bisnis kuliner yang manis-manis namun menyehatkan. Event tersebut bisa melibatkan anak-anak dan orangtua yang memberi masukan kepada anaknya untuk memilih makanan manis namun tetap memiliki kandungan gizi yang baik.

3.     Deep connection between product and event
Adanya hubungan antara produk dan acara bertujuan untuk mengangkat brand positioning. Misalnya produk salad buah organik mengadakan event yang memberikan edukasi mengenai cara membentuk badan yang ideal dengan salad buah, cara memilih buah yang baik untuk dikonsumsi, dan lain-lain. Atau bisa juga mengadakan lomba dengan hadiah voucher bisa makan salad buah sepuasnya selama 3 hari, dan lain-lain. Jadi bagi event yang tidak mengadakan aktivitas yang berhubungan dengan produk akan sulit mencapai tujuan akhir.

4.     Use the promotion
Event marketing sangat berhubungan dengan komunikasi yang tepat sasaran. Hal ini sama pentingnya dengan konsep keseluruhan acara. Jangan sampai konsep yang sudah dibentuk dengan sangat baik tidak sampai ke telinga para konsumen atau bahkan sulit dipahami. Hal ini akan berpengaruh pada event marketing yang telah direncanakan.

Sekian tips dari kami kali ini, semoga artikel ini bisa menjadi inspirasi Anda untuk mempertimbangkan mengenai event marketing. Semoga bermanfat!


Inspired by http://creasionbrand.blogspot.com/2007/12/creating-great-event-marketing.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar