Di
tengah derasnya perkembangan teknologi saat ini, banyak perusahaan yang memilih
cara online untuk melakukan promosi. Terutama penggunaan media sosial yang
dijadikan andalan untuk mempromosikan brand. Penggunaan media online dinilai
lebih murah, lebih cepat, dan praktis. Namun dibalik banyaknya keuntungan yang
bisa didapatkan dari media online, tidak sedikit perusahaan yang memilih
membuat event marketing untuk mempromosikan bisnisnya. Event marketing tidak
bisa dilakukan sembarangan, karena butuh biaya dan juga tempat. Walaupun begitu,
event marketing juga dinilai efektif dan memiliki peran penting dalam
pemasaran.
Apakah
Anda tertarik untuk melalukan event marketing? Tapi tunggu dulu, ada hal-hal
yang harus dipertimbangkan dalam merencanakan event marketing untuk mendapatkan
hasil yang baik, simak selengkapnya di bawah ini:
1.
The
publicity
Publisitas
yang dimaksud disini adalah sebuah event harus mengandung nilai berita.
Mengapa? Karena untuk menarik penjualan berita atau media yang meliput event
kita. Namun publisitas saat ini semakin
menurun karena konsep event yang itu-itu saja. Bahkan semakin lama banyak event
yang masuk rekor MURI. Dahulu, event yang berhadiah mahal banyak disukai orang,
tapi sekarang sudah terasa biasa saja. Maka dari itu, nilai publisitas dapat
diangkat dari konsep yang fresh dan yang paling penting adalah bisa menarik
konsumen untuk datang ke event marketing kita.
2.
Audiensnya
adalah target market
Yang
harus diingat adalah tujuan utama dari event marketing itu adalah untuk
mengangkat brand positioning di mata konsumen dan akhirnya mau membeli produk
Anda. maka audiensnya pun harus sesuai dengan target market. Misalnya kita
mempromosikan bisnis kuliner yang manis-manis namun menyehatkan. Event tersebut
bisa melibatkan anak-anak dan orangtua yang memberi masukan kepada anaknya
untuk memilih makanan manis namun tetap memiliki kandungan gizi yang baik.
3.
Deep
connection between product and event
Adanya
hubungan antara produk dan acara bertujuan untuk mengangkat brand positioning.
Misalnya produk salad buah organik mengadakan event yang memberikan edukasi
mengenai cara membentuk badan yang ideal dengan salad buah, cara memilih buah
yang baik untuk dikonsumsi, dan lain-lain. Atau bisa juga mengadakan lomba
dengan hadiah voucher bisa makan salad buah sepuasnya selama 3 hari, dan
lain-lain. Jadi bagi event yang tidak mengadakan aktivitas yang berhubungan
dengan produk akan sulit mencapai tujuan akhir.
4.
Use
the promotion
Event
marketing sangat berhubungan dengan komunikasi yang tepat sasaran. Hal ini sama
pentingnya dengan konsep keseluruhan acara. Jangan sampai konsep yang sudah
dibentuk dengan sangat baik tidak sampai ke telinga para konsumen atau bahkan
sulit dipahami. Hal ini akan berpengaruh pada event marketing yang telah
direncanakan.
Sekian
tips dari kami kali ini, semoga artikel ini bisa menjadi inspirasi Anda untuk
mempertimbangkan mengenai event marketing. Semoga bermanfat!
Inspired
by http://creasionbrand.blogspot.com/2007/12/creating-great-event-marketing.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar