Senin, 06 Agustus 2018

Keep Spirit! Jika Bisnis Kamu di Komen Negatif


“Kalau lu bisnis kaya gitu mah udah banyak yang jualan, nanti kalah sama yang lain.”
“Yakin kalau resign dari perusahaan, bisnis lu bakal berkembang? kalau dagang kan penghasilannya gak pasti.”
“Bangun bisnis yang besar kan modalnya gak sedikit, nanti utang numpuk sana sini.”
Ucapan-ucapan di atas mungkin pernah kita dapatkan dari orang-orang terdekat atau lingkungan yang kontra terhadap keputusan seseorang yang ingin menjadi pengusaha. Banyak dari mereka yang terkadang meremehkan kita yang sedang menjalani bisnis, terutama jika bisnisnya baru berjalan.
Terkadang, ucapan-ucapan negatif tersebut bisa membuat kita “baper.”  Lalu sebaiknya bagaimana ya cara menghadapi orang yang seperti itu? Caranya gampang, keep spirit aja! Keep spiritnya gimana sih? Simak jawabannya di bawah ini.
1.     Belum berkembang pikirannya
Jika bertemu orang-orang yang berpendapat seperti ucapan-ucapan di atas, itu tandanya mereka belum berkembang atau belum nyampe pikirannya. Daripada kita baper, lebih baik dimaklumi saja. Tidak perlu mengurusi dan memikirkan hal-hal tidak penting seperti itu, anggap saja “angin lewat.” Masih banyak hal yang harus dikerjakan, dan banyak kesuksesan yang harus kita kejar supaya kita bisa membuktikan kepada mereka seiring berjalannya waktu. Karena kita tidak bisa menutup mulut-mulut mereka dengan kedua tangan, yang bisa kita lakukan hanya menutup telinga kita dengan kedua tangan dan jangan menghiraukan ucapan-ucapan negatif tersebut.

2.     Punya peluang untuk eksekusi terlebih dahulu
Kalau ada orang yang berkomentar negatif tentang bisnis kita, ambil sisi positifnya saja. Dengan kita yang lebih dulu menjalani bisnis dibanding teman-teman yang lain, itu tandanya kita punya peluang besar untuk mengeksekusi ide dan kesempatan untuk berhasil dengan ide tersebut lebih besar kan? Mengapa? Karena yang lain sibuk menjadi komentator, sedangkan kita sibuk menjadi pemain. Tentunya, kita juga berpeluang besar untuk sukses lebih dulu dari yang lain.
3.     Cambuk motivasi untuk bisa sukses
Dikomentar negatif itu harusnya jangan bikin kita tambah lesu, justru jadikan hal tersebut sebagai cambuk motivasi. Jika direndahkan oleh orang lain, kita harus semangat untuk menjadi orang yang hebat. Seperti filosofi kayu, untuk membuat kayu menjadi patung yang indah, dibutuhkan gergaji, pemotong, dan alat-alat kasar lainnya untuk mengukir kayu tersebut menjadi sebuah karya seni yang bagus. Nah, sama halnya dengan manusia, untuk menjadi orang yang sukses, dibutuhkan omongan-omongan negatif tersebut untuk mengasah diri kita menjadi orang yang baik.

Tapi jika kita gagal di tengah jalan dan banyak yang mentertawakan bagaimana? Jangan anggap hal itu jadi masalah, hak mereka jika mau tertawa. Jika gagal tetap berusaha mengejar apa yang kita inginkan dan perbanyak berdoa serta berbuat baik. Karena kita tidak pernah tahu doa mana dan doa siapa yang akan dikabulkan. Bisa jadi doa dari orang yang kita bantu yang justru dikabulkan oleh Tuhan.
Sekian tips dari Foodizz kali ini, terima kasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar