Trend
berjulan saat ini telah mengubah gaya hidup masyarakat. Begitupun dengan
pembelian melalui online. Semakin berkembangnya teknologi membuat masyarakat
lebih senang ‘dimanjakan’ oleh kecepatan, kepraktisan, dan tentunya soal spend waktu. Di antara banyaknya media
sosial, yang paling menonjol atau merajai adalah Facebook dan Instagram. Dua
media sosial ini dipilih oleh kebanyakan orang karena memiliki efektifitas yang
dinilai lebih daripada media sosial lainnya. Walaupun begitu, sebenarnya lebih
efektif mana sih? Facebook atau Instagram?
Yang pasti
keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Nah, bagi Anda yang
masih bingung untuk memilih media berjualan, kami punya tips yang bisa
dijadikan bahan pertimbangan Anda, simak baik-baik di bawah ini.
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN FACEBOOK
1.
Image
Kelebihan
dari upload gambar di Facebook adalah kualitas gambar yang tidak berubah. Jadi
detail produk pada gambar akan terlihat jelas dan tentunya konsumen yang
melihat akan merasa puas karena mereka bisa menilai kualitas produk hanya dari
gambar sehingga mereka bisa membuat keputusan untuk membeli. Kekurangannya jika
mau mengedit gambar, kita harus menggunakan software yang lain. Karena Facebook
hanya menyediakan fitur crop dan tag.
2.
Video
Karena saat
ini dunia bisnis juga dituntut untuk kreatif, penggunaan video merupakan salah
satu hal yang penting untuk memancing konsumen. Kelebihannya saat kita
mengupload video di Facebook, kualitas video tidak akan berubah karena
kapasitasnya yang besar dan tidak ada batasan durasi pada Facebook.
Kekurangannya adalah jika mau mengedit video, harus menggunakan aplikasi lain.
3.
Fanpage
Fitur terbaik
dari Facebook ini sangat cocok untuk pebisnis online. Salah satu syaratnya Anda
harus memiliki akun pribadi terlebih dahulu baru bisa membuat akun fanpage.
Kelebihannya Anda bisa melakukan update produk kapanpun sehingga tidak
tercampur dengan konten pribadi. Dan juga dengan adanya fanpage dapat
memberikan kesan profesional, jumlah fans yang tidak terbatas, free tag, dan
muncul pada newsfeed buyer.
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN INSTAGRAM
1.
Editorial
Image
Instagram
adalah media sosial pertama yang mengutamakan gambar sebagai kontennya. Maka
dari itu Instagram memiliki filter foto yang bagus dan banyak pilihannya. Jadi
kita tidak perlu repot-repot mengunduh aplikasi lain untuk mengedit foto.
Kelemahannya gambar yang sudah di upload di Instagram tidak bisa di download,
jika mau mengunduhnya, kita harus menggunakan aplikasi lain. Selain itu,
kualitas gambar akan menurun saat kita mengunduhnya.
2.
Editorial
Video
Untuk video,
Instagram juga memiliki filter yang bagus dan kita bisa memotong durasi atau
bagian yang tidak diinginkan. Kelemahannya sama dengan gambar, kualitas video
juga akan menurun ketika kita mendownloadnya, durasi video yang di upload pun
hanya bisa 1 menit.
3.
Hashtag
Ciri khas
dari Instagram adalah hashtag. Penggunaan hashtag berfungsi untuk memudahkan
kita dalam melakukan pencarian. Hashtag juga memudahkan Anda dalam
mempromosikan produk. Karena jika kita menggunakan hashtag yang populer, produk
kita akan mudah ditemukan orang lain.
4.
Instastory
Salah satu
fitur terbaru dari Instagram ini memang lagi digemari. Kita bisa meng-upload
foto dan video dengan menambahkan tulisan, sticker, atau filter-filter unik
lainnya. Tapi kelemahannya adalah video dan foto hanya akan bertahan sampai 24
jam dan untuk video yang di upload hanya bisa 10 detik.
TIPS BERJUALAN ONLINE LEWAT FACEBOOK
1.
Maksimalkan
foto produk
Dengan
kualitas foto yang tidak akan berubah, maksimalkan foto produk Anda dengan
kualitas yang baik. Sebaiknya foto produk dari sudut depan, belakang, atas, dan
bawah, serta samping kanan dan kiri. Sehingga yang melihatnya pun akan merasa
puas karena bisa mengetahui kualitas dari setiap sisi foto produk Anda. Jangan
lupa masukkan ke dalam folder-folder supaya terlihat lebih rapi.
2.
Membuat
video review produk
Karena tidak
ada batasan durasi untuk video yang di upload ke Facebook, Anda bisa
meng-upload review video produk secara lengkap untuk menimbulkan kepercayaan
konsumen. Anda juga bisa mmebuat konten-konten menarik seperti tutorialnya atau
tips-tips. Usahakan buat mereka tidak bisa dengan akun jualan yang Anda punya.
3.
Menjadi
Anggota Grup
Masuklah
menjadi anggota grup yang sesuai dengan bisnis Anda di Facebook. Hal ini
memudahkan Anda untuk melakukan promosi serta bisa menambah networking.
Misalnya jika Anda pebisnis kuliner, masuklah ke grup yang isinya para pebisnis
kuliner.
TIPS BERJUALAN ONLINE LEWAT INSTAGRAM
1.
Maksimalkan
keindahan visual
Karena Instagram khas dengan visualnya,
usahakan untuk membuat foto Anda semenarik mungkin. Anda bisa mengeditnya
terlebih dahulu dengan menggunakan aplikasi yang gratis. Anda bisa mengatur
cahaya, warna, atau bahkan mengganti background foto produk supaya terlihat
lebih menarik.
2.
Caption
foto produk
Caption foto sangat penting di Instagram.
Berikan informasi yang jelas dan singkat mengenai foto produk Anda. Atau jika
Anda memiliki web, cantumkan juga link website Anda untuk mengarahkan orang
lain mengunjungi web bisnis Anda.
3.
Menggunakan
hashtag
Hashtag pada Instagram juga penting. Buatlah
hashtag yang populer, unik, dan tentunya sesuai dengan jenis produk Anda. Atau
bisa juga mencantumkan hashtag sesuai target market atau kota Anda. Ciptakan
hashtag yang diperuntukkan untuk produk jualan Anda. Tujuannya untuk membedakan
dengan pesaing.
4.
Memanfaatkan
instastory
Jika Anda ingin meng-upload setiap hari atau
dalam sehari bisa berkali-kali, sebaiknya manfaatkan instastory untuk
memposting produk Anda. Karena jika Anda terus-terusan memposting di timeline,
hal itu akan dianggap spam dan menganggu orang yang melihatnya.
5.
Endorsment
Ini salah satu cara yang populer di kalangan
para owner online shop. Menggunakan jasa influencer sebagai promosi merupakan
cara yang paling efektif. Karena ketika kita membayar mereka untuk
mempromosikan produk kita, biasanya followers influencer tersebut akan tertarik
dan kemungkinan besar memfollow akun produk yang dipakai oleh influencer
tersebut.
Memberikan pelayanan terbaik
Intinya, selalu berikan pelayanan yang terbaik
kepada konsumen Anda. Bisnis online maupun offline, pelayanan yang baik akan
menjadi nilai plus untuk bisnis Anda. Terutama jika Anda bisnis online, Anda
harus memberikan pelayanan yang cepat supaya konsumen merasa puas dan loyal
dengan bisnis Anda.
Sekian tips dari Foodizz kali ini, semoga
artikel kami bisa bermanfaat dan bisa diterapkan dalam bisnis Anda. Terima kasih
sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini.
Inspired by
https://www.cermati.com/artikel/facebook-vs-instagram-mana-yang-lebih-baik-untuk-bisnis-online
Tidak ada komentar:
Posting Komentar