Jika Anda memilih bisnis online (khususnya bisnis kuliner online), Anda perlu memperhatikan yang
namanya content marketing. Saat
berjualan online, tak hanya
membutuhkan tampilan visual saja, tapi juga harus menggunakan content marketing untuk menjangkau
konsumen secara lebih luas. Pemasaran bisnis secara online di tanah air semakin signifikan. Menurut Badan Ekonomi
Kreatif, media online menempati peringkat pertama dengan 53,70% sebagai lokasi
promosi. Karena alasan tersebut, pemasaran bisnis kuliner banyak dilakukan
secara online karena target market
mereka berada di wilayah domestik. Namun, hal ini menimbulkan persaingan yang
semakin ketat. Maka dari itu, promosi digital marketing harus terus
ditingkatkan. Dilansir dari blog.sribu.com ada 5 dari 8 kesalahan strategi
marketing yang diakibatkan oleh content
marketing yaitu:
-
Konten tentang diri sendiri.
-
Konten tidak sesuai target market.
-
Tidak ada strategi pembuatan konten.
-
Tidak menarik.
-
Bersifat spamming.
Kalau Anda merasa
pernah melakukan kesalahan-kesalahan tersebut, Anda harus tahu nih strategi content marketing yang baik untuk bisnis
kuliner.
1.
Cantumkan Informasi yang
Dalam
Cantumkan
informasi yang dalam saat Anda memposting foto di media sosial. Buatlah konten
yang informatif sehingga konsumen cukup “terhibur” dengan informasi tersebut.
Misalnya Anda bisa membagikan bahan-bahan menu dan bagaimana membuat tampilan
makanan yang cantik. Kondisi tersebut berkaitan dengan rasa ingin tahu manusia. Menurut
Paul J. Silvia dalam e-book berjudul “The Oxford Handbook of Human
Motivation”, pemenuhan akan rasa ingin tahu ini memiliki berbagai manfaat,
mulai dari mengurangi keadaan negatif hingga memuaskan pengalaman
personal.
2.
Content Marketing Storytelling
Salah satu konsep content marketing
storytelling yang bisa Anda tiru adalah salah satu akun Instagram dari luar
negeri @_foodstories_.
Akun tersebut berisi foto-foto dengan mood
yang senada dan caption-caption menarik seperti orang yang sedang menceritakan
kegiatan yang dilakukan dalam foto yang di posting. Jadi, konsep ini akan
membuat feed Instagram terlihat lebih
menarik dan tidak membosankan.
3.
Berbagai “Rahasia Kecil”
Menyelipkan sedikit rahasia seperti diskon,
voucher, atau kupon berpotensi mendapatkan respon positif. Mengapa? Karena hal
tersebut akan menambah “rasa puas” konsumen yang sebagian besar konsumen senang
diberi potongan harga. Biasanya strategi ini dipakai untuk promosi menu baru,
cabang baru, atau service tambahanan.
4.
Gunakan Foto Original
Jika Anda memiliki fasilitas untuk mengambil
gambar yang mumpuni, Anda bisa memposting hasil foto Anda. Jika tidak,
alternatif lain yang bisa dilakukan adalah mengambil gambar dari internet, dan
jangan lupa menyertakan sumbernya supaya Anda tidak dianggap pencuri atau
plagiat. Hindari hal tersebut, karena baik / buruknya bisnis Anda sangat
tergantung dari kualitas content marketing.
Inspired by: http://bisnisbisnis.id/2017/07/21/content-marketing-strategy-bisnis-online-food-beverage/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar