Minggu, 02 September 2018

Strategi Content Marketing untuk Bisnis Kuliner

Jika Anda memilih bisnis online (khususnya bisnis kuliner online), Anda perlu memperhatikan yang namanya content marketing. Saat berjualan online, tak hanya membutuhkan tampilan visual saja, tapi juga harus menggunakan content marketing untuk menjangkau konsumen secara lebih luas. Pemasaran bisnis secara online di tanah air semakin signifikan. Menurut Badan Ekonomi Kreatif, media online menempati peringkat pertama dengan 53,70% sebagai lokasi promosi. Karena alasan tersebut, pemasaran bisnis kuliner banyak dilakukan secara online karena target market mereka berada di wilayah domestik. Namun, hal ini menimbulkan persaingan yang semakin ketat. Maka dari itu, promosi digital marketing harus terus ditingkatkan. Dilansir dari blog.sribu.com ada 5 dari 8 kesalahan strategi marketing yang diakibatkan oleh content marketing yaitu:
-       Konten tentang diri sendiri.
-       Konten tidak sesuai target market.
-       Tidak ada strategi pembuatan konten.
-       Tidak menarik.
-       Bersifat spamming.
Kalau Anda merasa pernah melakukan kesalahan-kesalahan tersebut, Anda harus tahu nih strategi content marketing yang baik untuk bisnis kuliner.
1.     Cantumkan Informasi yang Dalam
Cantumkan informasi yang dalam saat Anda memposting foto di media sosial. Buatlah konten yang informatif sehingga konsumen cukup “terhibur” dengan informasi tersebut. Misalnya Anda bisa membagikan bahan-bahan menu dan bagaimana membuat tampilan makanan yang cantik. Kondisi tersebut berkaitan dengan rasa ingin tahu manusia. Menurut Paul J. Silvia dalam e-book berjudul “The Oxford Handbook of Human Motivation”, pemenuhan akan rasa ingin tahu ini memiliki berbagai manfaat, mulai dari mengurangi keadaan negatif hingga memuaskan pengalaman personal. 
2.     Content Marketing Storytelling
Salah satu konsep content marketing storytelling yang bisa Anda tiru adalah salah satu akun Instagram dari luar negeri  @_foodstories_. Akun tersebut berisi foto-foto dengan mood yang senada dan caption-caption menarik seperti orang yang sedang menceritakan kegiatan yang dilakukan dalam foto yang di posting. Jadi, konsep ini akan membuat feed Instagram terlihat lebih menarik dan tidak membosankan.
3.     Berbagai “Rahasia Kecil”
Menyelipkan sedikit rahasia seperti diskon, voucher, atau kupon berpotensi mendapatkan respon positif. Mengapa? Karena hal tersebut akan menambah “rasa puas” konsumen yang sebagian besar konsumen senang diberi potongan harga. Biasanya strategi ini dipakai untuk promosi menu baru, cabang baru, atau service tambahanan.
4.     Gunakan Foto Original
Jika Anda memiliki fasilitas untuk mengambil gambar yang mumpuni, Anda bisa memposting hasil foto Anda. Jika tidak, alternatif lain yang bisa dilakukan adalah mengambil gambar dari internet, dan jangan lupa menyertakan sumbernya supaya Anda tidak dianggap pencuri atau plagiat. Hindari hal tersebut, karena baik / buruknya bisnis Anda sangat tergantung dari kualitas content marketing.


Inspired by: http://bisnisbisnis.id/2017/07/21/content-marketing-strategy-bisnis-online-food-beverage/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar