Minggu, 01 April 2018

“Tahapan Bisnis yang Wajib anda tahu” kamu di tahapan mana yah??

Halo Pebisnis Sukses Indonesia, kali ini kita mau bahas tentang “Tahapan Bisnis yang Wajib anda tahu” silahkan disimak yah

Jika kamu hendak memulai bisnis atau bisnis kamu sudah berjalan, Ada tahapan Bisnis yang wajib kamu tahu, dengan begitu kamu akan tahu ada ditahapan mana bisnis kamu saat ini, karena di setip tahapan ada beberapa hal yang harus anda lakukan dan anda tinggalkan agar bisnis kamu bisa terus berkembang dan tidak stuck.

Tahapan bisnis dibagi menjadi 3 yaitu :

STARTING -> RUNNING -> GROWING

1. STARTING

Ini adalah tahap awal anda memulai bisnis, pada tahap ini, biasanya kita masih meraba dan belajar tentang bagaimana kita berjualan, baik produk sendiri maupun produk orang lain. Dalam tahap ini kamu ga perlu terlalu pusing dengan banyak hal.

Dalam tahap ini yang anda wajib pelajari hanyalah :

 - ilmu jualan / Closing / negosiasi
 - Ilmu mendatangkan traffic / Customer

Tidak perlu pusing atau berpikir tentang KPI (Key Performance Indicator) atau SOP (Standard Operator Procedure) karena kamu cenderung tak membutuhkan karyawan pada tahapan ini, kamu masih harus terjun langsung untuk mempelajari alur bisnis kamu.
Sebagai contoh jika kamu bergelut dibidang bisnis kuliner maka fokuslah pada :

 - Cara memasak yang benar
 - Pelajari segmen pasar / selera konsumen
 - Fluktuasi harga bahan baku
 - Packaging yang baik dan menarik
 - Pola bisnis kuliner

Pada tahap ini anda hanya harus fokus “Knowing Your Market, Knowing Your Product”.
Selain itu tugas utama anda adalah untuk menstabilkan bisnis anda , stabilkan omzet anda , untuk anda bawa ke level berikutnya.

2. RUNNING

Dalam tahapan ini, bisnis kamu sudah berjalan dan memiliki pasar yang loyal, selain itu dalam tahapan ini bisnis kamu sudah mulai membesar.
Fokus kamu pada fase ini adalah Restrukturisasi bisnis kamu dan mulai fokus ke   pengelolaan bisnis, yang tadinya kamu sendiri, pada tahap ini kamu sudah harus punya karyawan, dan kamu harus delegasikan beberapa tugas pada karwayanmu.

Fokus pada fase ini adalah :

1. Membangun Sistem.
2. Merekut Karyawan.

Lakukan dua hal itu agar pelayanan bisa tetap Prima dan layanan dari level owner sampai    karyawan ujung tombak / yang berinteraksi langsung dengan konsumen bisa sama baiknya.
Buatlah SOP yang mudah dipahami oleh Tim kamu, setelah SOP lalu buatlah Sistem, buatlah          managerial level di bisnis kamu, bentuk lapisan tanggung jawab , fokuslah untuk mendelegasikan tugas tugas penting dalam bisnis kamu, jika kamu bisa melewari tahap ini , tandanya Bisnis kamu sudah bisa berjalan tanpa kehadiran kamu.  

   3. GROWING

Ketika bisnis kamu sudah besar (biasanya diatas 2 tahun), bisa diasumsikan pada tahapan ini bisnis kamu sudah punya tim manajemen dan sistem yang kokoh, dan kamu sebagai pengusaha bisa fokus untuk menciptakan bisnis lain atau membuka cabang untuk bisnis yang sudah ada.
Artikel inspired by Hermas Puspito Book "7 langkah Membangun Tim Bisnis Online"

Sekian artikel dari kami, semoga bermanfaat dan jangan lupa  follow instagram kami di https://www.instagram.com/foodizz.company/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar