Senin, 09 April 2018

Rekayasa Dalam Bisnis Itu Perlu

Halo Pebisnis Sukses Indonesia, kali ini kita akan menbahas "Rekayasa Dalam Bisnis  Itu Perlu"

Dalam berbisnis atau berjualan kita harus selalu jujur, walau terkadang masyarakat tidak terlalu menyukai kenyataan atau kejujuran, hehe maksudmya bukan berarti kita harus berbohong dalam berjualan, tetapi terkadang kita perlu merekayasa, dan rekayasa bukan berarti bohong.

Terkadang dengan merekayasa produk kita bisa lebih disukai masyarakat dan harga jual nya pun bahkan bisa dua kali lipat sebagai contoh ada 2 produk yang sama persis, tetapi yang satu diberi nama menggunakan bahasa inggris, dan satu lagi menggunakan bahasa indonesia,,

 Rata - rata konsumen akan membeli barang dengan merk yang menggunakan bahasa inggris walalu harganya lebih mahal.

 Ada lagi contoh untuk minuman, misal ada 2 produk minuman yang sama misal jus jeruk, yang satu diberi tulisan “healthy orange juice” dan satu lagi “jus jeruk alami” pasti kebanyakan masyarakat akan memilih yang bertuliskan bahasa inggirs, seperti al hanya “Es Kopi” dan “Ice americano”

 Ada cerita menarik ketika saya ke Bangkok, saat itu saya hendak membeli sepatu dengan brand Onitsuka Tiger itu adalah brand dari jepang, namun ketika saya ke official store mereka, saya kaget karena semua sepatu nya MADE IN INDONESIA, kebetulan disana saya bertemu pembeli dari jepang, ya jepang negara dimana brand sepatu itu di buat dan mereka akan membeli produk yang sama,, yang bikin saya tambah kaget adalah saat mereka bilang “kalau untuk sepatu onitsuka, buatan indonesia lah yang paling bagus”, cukup mengherankan bukan.

Disini saya bukan menyalahkan produk indonesia, tapi memang dalam beberapa tahun kebelakang produk indonesia kalah saing dengan produk luar negeri, sehinga mindset kita pun sedikit bergeser ke arah produk buatan luar negri, padahal sebenarnya saat ini banyak produk indonesia yang sudah mendunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar