Rabu, 11 April 2018

Creative sales untuk cafe / resto

Halo Pebisnis Sukses Indonesia, kali ini kami akan bahas tentang creative sales untuk restoran

Jaman sekarang ada banyak cara untuk memenangkan persaingan dalam berjualan, lupakan cara membanting harga yang berujung akan menurunkan harga produk di pasaran.

Yang kita butuhkan adalah cara yang unik untuk kita berjualan, butuh kreatifitas dalam melakukan hal ini, terkadang harus unik dan diluar pemikiran penjual pada umumnya, Sehingga menarik konsumen untuk membeli produk kita

Kita akan membahas tentang creatives sales, yang pernah di bahas oleh Rex Marindo di blog nya, cara - cara nya unik dan patut untuk ditiru, serta cukup unik dan membuat kita betah untuk terus membaca nya.

Intinya setiap promoharus mengandung 3W (WOW, WAW, WUZZ) WOW begitu liat iklannya, WAW pas liat penawarnnya dan WUZZ langsung menuju TKP..

Penasaran kanKita akan bahas beberapa contoh creatives sales untuk Cafe dan resto

1. ½ jam Discount

Ini semacam rush hour, tentukan jam paling ramai dan buatlah discount yang WOW, misal jam 17.00-17.30 disc 50% atau jam saat sepi pengunjung,misal jam 10 pagi atau jam 3 sore. Yang pasti discount harus semenarik mungkin

2. Posting instagram dapat discount

Tak bisa dipungkiri, instagram sangat populer saat ini apalagi semenjak bisa menggunakan hastag, dan banyak juga anak muda yang mengunakannya, lakukan promo dengan posting dan tag 5 orang teman, dengan begitu kita mendapatkan sales sekaligus promosi.

3. Women’s day

Sesuai namanya promo ini berlaku untuk wanita, tentukan hari nya, bisa kamu disimpan di hari yang sepi pengunjung agar bisa menigkatkan sales, bisa juga memberi discount lebih jika datag lebih dari 3 orang , siapa tau yang dateng ibu - ibu beres arisan atau komnitas, kan lumayan tuh


4. Discount Sesuai Umur

Nah buat program discount sesuai umur, bagaimana jika datangnya banyakan? Nah umur yang paling tua lah yang dijadikan patokan discountnya. Kalo ngajak kakek neneknya gimana, yah udah resiko itu namanya haha. Lagian niat amat ngajak kakek-kakek demi discount.

5. Tambah Nasi Sepuasnya

Buat kebijakan di mana kalo makan bisa tambah nasi sepuasssss nya, kalo sanggup habisin sebakul yang silahkan, promo ini cocok untuk tempat makan daerah kampus, tapi ingat promo berlaku untuk makan ditempat, kklo bisa di bungkus dijamin tekor haha

6. Makan Sepuasnya, Bayar Seikhlasnya

Ini sedikit ekstrim sih, tapi boleh juga di lakukan untuk promosi awal jika baru buka untuk membuat kehoboan di kota Anda (itung-itungannya harus kenceng nih, misal daripada pasang billboard 300 juta mending alokasi budgetnya ke sini sehingga terjadi trial.

7. Gelas Terbesar di Indonesia

Nah biar heboh, coba cari atau pesan gelas minum yang besar sekali, tiap kali orang pesan minuman tertentu misal Mojito atau jus sajikan dengan gelas ini. Lalu jadikan ini sebagai minuman terbesar di Indonesia. Ingat orang indonesia suka sekali gossip/ cerita, nanti pasti terjadi cerita bersambung ke orang lain.

8. Karangan Bunga

Nah kalo baru buka, minta temen-temen sesama pebisnis kirim karangan bunga ucapan selamat, atau kalo perlu kita yang modalin karangan bunganya biar kesannya banyak yang kirim buka, dan tempatnya jadi terlihat eksludif saat opening dan nampak seperti bisnis dengan banyak relasi.

9. Harus Rame Sebulanan

Nah ini menarik, gimana caranya cafe kita penuh selama sebulan, alokasi kan budget promo kamu, untuk traktir temen, kerabat, keluarga , pokonya orang yang kamu kenal, atur sedemikian rupa agar ada yang datang setiap hari, atur pula tanggal undangannya agar budget minimal tapi hasil maksimal

10. Parkir Mobil

Wah yang ini sih saya pernah jadi korban, dibuat penasaran soalnya setiap lewat cafe ini selalu penuh parkiran nya, sampe satu waktu saya niat berkunjung dan, you know lah ternyata pengunjung nya ga serame parkirannya, dan ya akhirnya saya jajan juga disitu, ini salah satu cara untuk menarik pengunjung, bisa aja owner nya parkirin semua mobilnya disitu beserta mobil rekan dan saudaranya, agar terlihat ramai pengunjung.

11. Bayar Influencer

Nah ini juga lagi banyak dilakukan jaman sekarang banyak yang meng endors selebgram (instagramers dengan follower banyak), misal di A follower buanyakk banget, nah kita kontak dia buat iklanin cafe/ resto kita, kalimat iklannya kita yang buat tapi di yang post, misal “Wih abis makan @SotoSetan di dago, gile nikmat dan setan bener cabenya” . Nah ini jangan tiap hari saran gue sih, misal per 3 hari tapi minta si A posting dalam jarak yang berdekatan selang 10 menit (3x) biar kesannya heboh sendiri jadi followernya bener2 penasaran. Setelah 3 hari suruh tweet lagi, misal “Ga tahan buat ga balik lagi makan di @SotoSentan ini, siap2 lap pel buat keringat, hajarrrr” selang 10 menit “Habis 2 mangkok @SotoSetan dan 3 teh botol, sadis dan nikmat coi”selang 10 menit “ selang 10 menit, minta dia mention beberapa temennya “hoi @sadikayu @yuyunins lo pada mesti makan nih di @SotoSetan ga ada duanya deh.

12. Bayar Media Twitter

Kalo di bandung, mau cepat dikenal gampang pasang iklan ajah sebulanan di @infobdg atau lainnya dengan follower yang lebih dari setengah juta orang (500 ribu lebih) ini media yang sangat efekti buat promosi. Nah tapi jangan Cuma iklan begini “Telah dibuka resto bebek @BebekRasaSayang, buat reservasi hubungi 022-xxx.xxx” Hadoohhh capek deh buat iklan kaya begitu, berkonsep dikit kenapa misal “Wow rajanya bebek udah buka @BebekRasaSayang di dago 26, dateng kasih lihat twitter ini buat discount 50 persen” Nah khan lebih sedikit bombastis dan ada penawaran “kasih liat tweetnya dan diskon”, seperti di awal gue bilang keluar biaya lah buat promo di awal.

  13. Undang Artis

Undang beberapa artis buat makan gratis (batesin tapi jumlah undangannya, ntar dia bawa orang sekampung lagi, bisa koit kita haha). Nah sebelum mulai makan minta si artis photo bareng dulu (managernya mah ga usah di ajak wkwk becanda). Nah siapakan spot photo di depan cafe/ resto buat taro photo-photo artis yang udah makan, minta testimonialnya dan tanda tangannya sekalian. Abis itu minta si artis nge tweet juga (rayu-rayu ajah). Photo dan testimonialnya juga jangan lupa dimasukin ke website, di tweet dan di share di facebook kita.

    14. Iklan Lowongan Kerja
Nah bener-bener mulai ga masuk akal kan idenya haha, denger dulu biasanya khan kita pasang iklan koran dengan format yah standartlah, ada tulisan Lowongan atau Dibutuhkan atau Kesempatan dll, baru abis itu baru lowongannya dan dibawah nama dan alamat pengiriman lowongan. Nah coba ganti formatnya dibagian paling atas tulis AYAM SADIS, TERENAK no. 2 DI BANDUNG mencari: (Nah baru deh lowongannya), dibagian paling bawah tulis baru alamat, telpon, twitter dan facebook sama promo (Bawa potongan lowongan ini dan dapetkan discount 30 persen makan di Ayam SADIS). Hhehehe sadiskan caranya.

   15.Piara Sesuatu ( binatang unik)

Piaralah sesuatu yang legal dan unik yang bisa jadi cerita. Misal di resto/ cafe kita piara 10 iguana yang gede-gede, nah khan jadi bahan omongan tuh, lagi piara iguana khan ga mahal biayanya, hewannya juga Cuma diem ajah kerjanya dan lucu (wah ini subjektif yah haha). Ntar harapannya khan gampang orang ngomong “tuh makan ke sono ajah, lucu banyak iquana” hehe.

  16. Unique Name

Coba bandingkan Bebek Bakar, Bebek Goreng, Bebek Panggang, standart banget khan namanya, iya kalo restaurant/ cafenya memang terkenal namanya ga jadi soal, lah kalo biasa-biasa ajah, habis deh ga ada “cerita” buat konsumen. Kalo namanya di ganti misal Bebek Negro, Bebek Ngamuk atau Bebek Pemalu (bakar enggak, goreng enggak khan pemalu namanya hehe), khan lebih punya cerita dari namanya ajah “eh lu udah cobain Bebek Ngamuk blom?” tuh pasti ngomongin bebek kita khan, ga pernah orang ngomong “eh lo pernah cobain bebek bakar blom?” lah bebek bakar di mana pasti pertanyaannya.

  17. Group Discount
Diskon sejumlah group yang datang, misalnya kalo gua dateng ber 10 maka diskonnya 10 persen dan seterusnya, cuma yah harus dibatasi maksimal berapa orang hehe, nanti 1 sekolah dateng lebih dari 100 orang bisa berabeh khan jadi gratis malah resto/ cafenya harus bayar haha. Ini bisa efektif untuk menarik minta komunitas/ kelompok/ rombongan untuk dateng.

  18. Kawin Gratis, Bayar Kalo Hamil

Nah ini saya pernah lihat di di the cost, edan yak. Intinya resto bakal biayain biaya pernikahan mulai dari catering, dekorasi dan bahkan mungkin undangan, yes all free, nah kalo teryata nanti hasil baru deh bayar (bisa full, bisa setengahnya) terserah kebijakan restaurant deh. Cuma tentu ada term dan condition, misal hanya untuk 5 pasangan, sebetulnya lebih diarahkan untuk menciptakan WOM dan Topic of The Town ajah biar heboh hehe.

 19. Gratis Air Putih

Eh jangan salah yah, kamu bisa protes kalo jual air mineral lumayan marginnya khan modal 800 bisa jual 7000 ribu, lah ini kok malah di gratiskan. Kalo pernah ke bandung sudah pernah ke Suiz Butcher, Raja Sunda atau The Peak, percayalah air putih gratis di sana tapi lihat tempatnya emang pernah sepi? Ini hanya masalah psikologi, kalo dapat air minum berarti saya bisa beli yang lain misalnya tiramisu, soup dll. Jadi menurut saya ini strategi yang jitu sebetulnya.

 20. Undang Blogger/ Media

Nah ini sarana yang cukup efektif untuk aktivitas promosi tentunya, kita hanya perlu menyiapkan menu untuk dicicipi, tipsnya pastikan menu yang dikeluarkan adalah menu andalan, dalam porsi yang banyak (jangan pelit) dan buat suasana se asik mungkin sehingga si blogger merasa nyaman, dengan begitu makanpun bisa menjadi lebih lezat. Misal kalo di bandung undangn ceritaperut.com nah abis meliput biasanya mereka akan keluarkan tulisan mengenai liputannya, di sebar juga melalui twitter.

 21. Gabung dengan Sindikat

Buset kesannya mafia banget haha, yang memang sejenis perkumpulan begitu tapi ini yang khususkan pada kuliner. Dengan bergabung di sindikat/ komunitas kita bisa saling mempromosikan tempat usaha masing-masing, kalo komunitas onlinenya kuat misalnya twitternya followernya banyak maka ini akan sangat bermanfaat untuk media promo (INGAT, kalo promo harus mengandung 3 W (WOW, WAW dan WUZZ), Wow begitu liat iklannya, Waw begitu baca detailnya dan langsung Wuzz menuju cafe kita haha.

  22. Online Coupont
Udah ga jaman sebarin flyer di jaman internet begini (ga juga sih haha), sekarang jamannya sebar flyer lewat online, caranya gimana? Misal kita beriklan tweet di @kuliner_bandung nah tulis di sana seperti ini “Tunjukan tweet ini dan dapatkan discount 40% makan di @BundoKanduang “, nah so pasti “flyer” ini akan disimpan, daripada flyer cetak pasti bakal lupa atau dibuang.

  23. Kalo Habis Gratis ..........
Nah coba sekali-sekali buat promo, “Makan Sosis Kami, kalo habis dalm waktu 10 menit free” nah siapkan sosis yang luar biasa gedeeeeeeeenya, sekaki gajah kalo perlu (hahaha, anaknya gaja maksudnya). Buat tantangan buat makan gratis kalo bisa menghabiskan dalam waktu tertentu, dan tentunya kalo ga habis bayar

  24. Plat Mobil


Yang plat mobilnya angka ganjilnya 3 dapet discount 30% (misal, lebih gede lebih baik), haha mulai ga waras kayanya idenya yah, tapi kalo menarget yang pake mobil why not, misal platnya B1125 dan ganjilkan 3 jadi gratis discount 30%, gimana kalo ganjil semua yah discount 50% misalnya haha, khan iseng biar banyak yang ngomongin.

  25. Terenak no. 2 di Dunia
Inilah kadang enaknya promosi jalanan, mau klaim paling enak se dunia juga ga ada yang urusin, tapi kalo kalaim seperti Kambing Kairo (Terenak no. 2 di Timur Tengah) kayanya lebih mantap dan asik dengarnya, dari mana klaim paling enak no.2? emangnya gua pikirin, udah pasti ga pake riset segala itu sih yang penting WOW, WAW dan WUZZ. Bosen tapi ah klaim no 1, 2 dan 3, klaim ajah ternenak no.5 di Dunia, toh di dunia ini.

Semoga artikel ini bisa membantu kamu bisnis kamu atau memunculkan ide untuk diterapkan di bisnis kamu this artikel Inspired by Rex marindo Blog's creasionbrand.blogspot.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar