Jumat, 06 April 2018

5 Cara Naikin Profit tanpa Naikin Penjualan

Halo Pebisnis Sukses Indonesia, mari kita bahas tentang bagaimana Menaikan Profit tanpa menaikan penjualan

Hm.. naikin profit tanpa naikin penjualan, nampak membingungkan bukan, bagaimana profit bisa naik tapi penjualan tidak??

Tentu saja bisa, ada beberapa cara untuk masalah ini, kita akan bagikan 5 caranya disini

1. Tekan OPEX

Telusuri dan pelajari biaya operasional di bisnis kamu, cari cara agar biaya itu bisa ditekan, misal buat sistem karyawan menjadi lebih efisien, bisa jadi kita memangkas jumlah karyawan, atau tekan biaya Listrik bulanan misal buat SOP tentang pengunaan AC, atau pengurangan pengunaan kertas dan beralih ke digital.

2. Working on COGS

COGS atau bahasa awamnya HPP, kita bisa mulai mereview ulang HPP, untuk bisnis yang sudah berjalan bisa hubungi kembali vendor jika memungkinkan buatlah kontrak jangka panjang dengan mereka yang ujung-ujungnya agar dapat harga murah, atau coba pesan dalam volume besar, atau anda bisa pelajari fluktuasi harga bahan baku, dan bisa order di bulan sebelom harga bahan naik, misal sebelom puasa.

3. Naikin Harga

Ini cara termudah dan sudah pasti profit akan bertambah, tapi untuk melakukan ini butuh pengkajian khusus, di beberapa bisnis dengan tingkat sensitivitas harga atau tingkat persaingan tinggi, cara ini sedikit beresiko anda harus mempelajari pasar lebih lanjut, jangan sampai niat naik profit malah sales anda turun

4. Buat Revenue Lain

Jika anda berbisnis di bidang kuliner, anda bisa membuat revenue lain dengan cara membuat makanan kemasan dari produk anda, sehingga konsumen bisa membeli untuk dibawa pulang, atau misal dengan menjual makanan pendamping dari menu utama anda, misal bisnis baso, buatlah baso gorengnya, atau jual baso mentahnya atau simpan kerupuk di meja dll.

5. Working On SOP

Kaji ulang SOP penjualan, mungkin anda pernah berkunjung ke KFC, begitu anda selesai order dan tepat sebelom membayar mereka selalu menawarkan “mau ganti nasi jadi kentang,, mau upsize, mau sekalian beli CD nya “ itu adalah salah satu usaha KFC menaikan profit melalui SOP, dan CD adalah salah satu revenue stream mereka.

Sekian tips 5 cara menaikan profit tanpa menaikan penjualan dari kami, semoga artikel ini bermanfaat.

Inspired by Rex Marindo BLOG, CreasionBrand.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar