Senin, 28 Mei 2018

The Power of Instagram Recommendation


Salah satu aplikasi media sosial paling populer saat ini adalah Instagram. Media sosial yang lambangnya mirip kamera ini tidak hanya digunakan untuk eksis di dunia maya saja, namun telah menjadi salah satu sumber informasi khususnya informasi tentang sesuatu yang sedang trend. Instagram juga menjadi salah satu media sosial yang paling banyak digunakan oleh para pebisnis, khususnya pebisnis kuliner. Maka dari itu, memiliki akun instagram untuk mempromosikan bisnis yang dimiliki merupakan hal yang wajib, karena dengan begitu bisnis kamu akan dikenal banyak orang.
Hal yang paling umum dilakukan orang ketika mencari tempat makan atau cafe yang sedang hits adalah mencari di kolom pencarian seperti Google dan Instagram. Tapi jika kamu tidak mengetahui mekanisme search dan keyword di Instagram, hal ini akan membuat akun bisnis tidak mudah ditemukan oleh para pecinta kuliner.
Lalu, bagaimana sih caranya supaya brand yang dimiliki itu mudah dicari? Yuk simak beberapa hal yang bisa diterapkan supaya brand kamu bisa eksis di Instagram:

1.     Gunakan #Hastag
Berbicara tentang Instagram engga akan terlepas dari yang namanya #Hastag. Hastag memiliki fungsi supaya memudahkan orang lain menemukan suatu akun atau postingan. Selain itu hastag juga berfungsi untuk menambah likes dan followers di Instagram. Hastag bisa dicantumkan di bagian awal, tengah, atau akhir paragraf.
Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan juga dalam mencantumkan hastag dalam setiap postingan instagram.
a.     Gunakan hastag “brand name” pada setiap postingan
Jangan lupa selalu mencantumkan nama brand disetiap postingan, jadi jika ada pihak lain yang menggunakan hastag yang sama, maka postingan-postingan tersebut akan tertimbun dengan sendirinya oleh postingan akunmu. Contoh: akun @warunkupnormal, gunakan juga hastag sesuai dengan nama akun yaitu #warunkupnormal.

b.     Kategori dan kata umum yang berkaitan dengan kategori
Hastag juga berfungsi untuk mengelompokkan atau mengkategorikan. Contoh: jika ada orang yang sedang ingin makan bakso maka dia akan mencari dengan keyword #bakso di kolom pencarian. Hal tersebut membuat postingan kamu otomatis muncul dan mudah ditemukan. Maka dari itu hal ini sangat penting untuk dicantumkan dalam setiap postingan. Selain itu orang juga biasanya mencari dengan kata yang berhubungan dengan kategori. Contoh: jika mencari kata #bakso bukan hanya bakso saja yang dicari tapi bisa juga #MieAyam, #Bakmi, #YaminAsin, #YaminManis, dll.

c.     Kata umum yang berkaitan dengan bisnis kamu
Ketika kamu memiliki bisnis makanan, gunakan hastag hastag umum seperti misalnya #KulinerBandung, #KulinerHitsBandung, #Bakso, #KulinerMurah, supaya pengguna Instagram bisa dengan mudah menemukan akun bisnis kamu.

d.     Menu Andalan
Setiap pebisnis kuliner biasanya memiliki menu andalan. Nah, menu tersebut harus selalu dicantumkan supaya jika ada yang mencari di Instagram, produk kita akan tampil.




2.     Tandai Lokasi
Setiap orang yang mencari kuliner pasti ingin mengetahui lokasinya. Tanda lokasi bisa dicantumkan pada setiap postingan dan lebih baik jika dicantumkan pada bio supaya mempermudah orang melakukan pencarian yang tepat.  Selain berfungsi sebagai informasi, tanda lokasi juga berfungsi sebagai maps yang berisi arahan dan petunjuk untuk mencapai lokasi yang tepat.

3.     Lengkapi Bio
Bio merupakan tampilan yang pertama kali dilihat oleh pengguna media sosial. Karena fungsi bio sendiri adalah untuk mencantumkan informasi mengenai suatu akun. Gunakan bio dengan kalimat yang singkat dan jelas seperti nama pengguna, jenis produk, nomor telepon, alamat, terima dropship dan reseller (jika ada), dan situs web (jika ada).

4.     Foto yang Menarik
Sesuai dengan topik yang dibahas tentang Instagram, tentunya sangat berkaitan dengan foto. Karena ketika kamu memutuskan untuk mempromosikan produk lewat online, konsumen hanya bisa melihat produk kamu secara visual, yang berarti tidak bisa mencicipi langsung atau mencium aromanya. Maka hal ini penting untuk membuat foto yang bagus serta menarik seperti memperhatikan kualitas gambar, cahaya, angle, dan kamera yang digunakan. Karena salah satu power ketika berjualan online adalah melalui foto yang bisa membuat orang yang melihatnya tertarik untuk membeli produk kamu.

5.     Gunakan Hastag yang Ekslusif

Mengingat salah satu fungsi hastag adalah mengelompokkan, sebaiknya gunakan hastag serupa yang lebih ekslusif dan memiliki jumlah post lebih sedikit. Maka semakin spesifik pencarian, akun yang muncul pun akan lebih mendekati dengan informasi yang dibutuhkan. Karena hastag yang tepat bisa menghasilkan tempat di top post.

Yuk buat akun bisnis kamu mudah dicari dengan menggunakan hastag, selamat mencoba.






Inspired by Marketing Cappucino

Tidak ada komentar:

Posting Komentar