Salah satu aplikasi media sosial paling populer saat
ini adalah Instagram. Media sosial yang lambangnya mirip kamera ini tidak hanya
digunakan untuk eksis di dunia maya saja, namun telah menjadi salah satu sumber
informasi khususnya informasi tentang sesuatu yang sedang trend. Instagram juga menjadi salah satu media sosial yang paling
banyak digunakan oleh para pebisnis, khususnya pebisnis kuliner. Maka dari itu,
memiliki akun instagram untuk mempromosikan bisnis yang dimiliki merupakan hal
yang wajib, karena dengan begitu bisnis kamu akan dikenal banyak orang.
Hal yang paling umum dilakukan orang ketika mencari
tempat makan atau cafe yang sedang hits
adalah mencari di kolom pencarian seperti Google dan Instagram. Tapi jika kamu
tidak mengetahui mekanisme search dan
keyword di Instagram, hal ini akan
membuat akun bisnis tidak mudah ditemukan oleh para pecinta kuliner.
Lalu, bagaimana sih caranya supaya brand yang dimiliki itu mudah dicari?
Yuk simak beberapa hal yang bisa diterapkan supaya brand kamu bisa eksis di Instagram:
1.
Gunakan #Hastag
Berbicara tentang Instagram engga
akan terlepas dari yang namanya #Hastag. Hastag memiliki fungsi supaya
memudahkan orang lain menemukan suatu akun atau postingan. Selain itu hastag
juga berfungsi untuk menambah likes dan
followers di Instagram. Hastag bisa
dicantumkan di bagian awal, tengah, atau akhir paragraf.
Namun ada beberapa hal yang perlu
diperhatikan juga dalam mencantumkan hastag dalam setiap postingan instagram.
a.
Gunakan
hastag “brand name” pada setiap
postingan
Jangan lupa selalu mencantumkan
nama brand disetiap postingan, jadi
jika ada pihak lain yang menggunakan hastag yang sama, maka postingan-postingan
tersebut akan tertimbun dengan sendirinya oleh postingan akunmu. Contoh: akun
@warunkupnormal, gunakan juga hastag sesuai dengan nama akun yaitu #warunkupnormal.
b.
Kategori
dan kata umum yang berkaitan dengan kategori
Hastag juga berfungsi untuk
mengelompokkan atau mengkategorikan. Contoh: jika ada orang yang sedang ingin
makan bakso maka dia akan mencari dengan keyword #bakso di kolom pencarian. Hal
tersebut membuat postingan kamu otomatis muncul dan mudah ditemukan. Maka dari
itu hal ini sangat penting untuk dicantumkan dalam setiap postingan. Selain itu
orang juga biasanya mencari dengan kata yang berhubungan dengan kategori.
Contoh: jika mencari kata #bakso bukan hanya bakso saja yang dicari tapi bisa
juga #MieAyam, #Bakmi, #YaminAsin, #YaminManis, dll.
c.
Kata
umum yang berkaitan dengan bisnis kamu
Ketika kamu memiliki bisnis
makanan, gunakan hastag hastag umum seperti misalnya #KulinerBandung, #KulinerHitsBandung,
#Bakso, #KulinerMurah, supaya pengguna Instagram bisa dengan mudah menemukan
akun bisnis kamu.
d.
Menu
Andalan
Setiap pebisnis kuliner biasanya
memiliki menu andalan. Nah, menu tersebut harus selalu dicantumkan supaya jika
ada yang mencari di Instagram, produk kita akan tampil.
2.
Tandai Lokasi
Setiap orang yang mencari kuliner
pasti ingin mengetahui lokasinya. Tanda lokasi bisa dicantumkan pada setiap
postingan dan lebih baik jika dicantumkan pada bio supaya mempermudah orang
melakukan pencarian yang tepat. Selain
berfungsi sebagai informasi, tanda lokasi juga berfungsi sebagai maps yang berisi arahan dan petunjuk
untuk mencapai lokasi yang tepat.
3.
Lengkapi Bio
Bio merupakan tampilan yang pertama
kali dilihat oleh pengguna media sosial. Karena fungsi bio sendiri adalah untuk
mencantumkan informasi mengenai suatu akun. Gunakan bio dengan kalimat yang
singkat dan jelas seperti nama pengguna, jenis produk, nomor telepon, alamat,
terima dropship dan reseller (jika ada), dan situs web (jika
ada).
4.
Foto yang Menarik
Sesuai dengan topik yang dibahas
tentang Instagram, tentunya sangat berkaitan dengan foto. Karena ketika kamu
memutuskan untuk mempromosikan produk lewat online,
konsumen hanya bisa melihat produk kamu secara visual, yang berarti tidak bisa
mencicipi langsung atau mencium aromanya. Maka hal ini penting untuk membuat
foto yang bagus serta menarik seperti memperhatikan kualitas gambar, cahaya, angle, dan kamera yang digunakan. Karena
salah satu power ketika berjualan online adalah melalui foto yang bisa
membuat orang yang melihatnya tertarik untuk membeli produk kamu.
5.
Gunakan Hastag yang
Ekslusif
Mengingat salah satu fungsi hastag
adalah mengelompokkan, sebaiknya gunakan hastag serupa yang lebih ekslusif dan
memiliki jumlah post lebih sedikit.
Maka semakin spesifik pencarian, akun yang muncul pun akan lebih mendekati
dengan informasi yang dibutuhkan. Karena hastag yang tepat bisa menghasilkan
tempat di top post.
Yuk buat akun bisnis kamu mudah
dicari dengan menggunakan hastag, selamat mencoba.
Inspired by Marketing Cappucino
Tidak ada komentar:
Posting Komentar