Rabu, 30 Mei 2018

5 Tips Promo “Gratis” Melalui Media




Untuk mempromosikan brand yang kita miliki biasanya kita akan menggunakan media iklan. Penggunaan media sebagai sarana promosi dikarenakan memiliki dua kekuatan, dua kekuatan tersebut adalah audience dan area coverage. Media juga memiliki target promosi sendiri yang bisa dipilih sesuai dengan target market kita.

Media iklan bisa dalam bentuk billboard, pamflet, brosur, spanduk, dan media sosial.  Diantara jenis-jenis iklan tersebut, media iklan yang paling populer adalah menggunakan media sosial.
Selain itu media juga memiliki kekurangan yang terletak pada budget yang cukup tinggi. Tapi jangan khawatir, karena kita bisa menggunakan media yang sifatnya gratis sehingga bisa melakukan aktifitas promosi branding melalui media tersebut.

Lalu apa saja media gratis yang bisa digunakan? Simak 5 tips dibawah ini.

1. Barter Promo
Saat ini media sosial merupakan salah satu media iklan populer yang paling banyak digunakan. Media sosial yang biasanya menyediakan barter promo adalah Instagram dan Line. Misalnya sebuah account brand saling mention atau merekomendasikan account media partner yang diajak kerjasama. Keuntungan yang kita dapatkan adalah event kita dipromosikan dan dibaca oleh followers media partner tersebut serta dapat menambah jumlah followers account kita.

2. Media Partner
Penggunaan media partner sebagai media iklan juga bisa disebut sebagai barter promo. Biasanya ketika kita menggunakan media partner untuk mempromosikan event, mereka akan meminta feedback dengan cara mencantumkan logo mereka dalam acara yang diselenggarakan. Logo tersebut bisa dicantumkan di spanduk, billboard, roll banner, dll. Diluar itu biasanya terdapat kesepakatan open table atau addlips. Sehingga kerjasama ini akan menguntungkan kedua belah pihak atau terjadinya “simbiosis mutualisme”.

3. Press Release
Press release ini biasanya mengenai program brand activation yang akan kita selenggarakan atau yang sudah diselenggarakan. Press release ini ditujukan untuk media cetak maupun media elektronik. Nah, supaya media tersebut mau meliput atau mempublish acara kita, buatlah secara menarik atau memiliki nilai berita, karena hal ini berhubungan dengan konsep brand activation yang akan diselenggarakan.

4. Press Conference
Bedanya dengan press release, hal dilakukan dengan cara mengundang awak media untuk menghadiri press conference yang diselenggarakan dengan konsep gathering. Bisa dilakukan pra atau pasca event. Dalam hal ini biasanya akan ada perwakilan dari brand penyelenggara yang akan memberikan informasi mengenai brand activation tersebut dan media yang diundang juga bisa mengajukan pertanyaan secara langsung. Kuncinya kita harus menyelenggarakan brand activation yang unik dan menarik serta memiliki nilai jual berita.

5. Gathering
Gathering ini ditujukan untuk meningkatkan kualifikasi dari para wartawan. Misalnya banyak brand nasional yang menyelenggarakan pelatihan jurnalistik yang melibatkan para wartawan dari beberapa media nasional. Keuntungan yang didapat adalah dapat menjalin hubungan baik dengan media dan wartawan, selain itu nilai jual berita dapat mengangkat brand kita sehingga diketahui oleh banyak orang.

Inspired by Marketing Cappucino
http://creasionbrand.blogspot.com/2012/12/5-strategi-promo-gratis-melalui-media.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar