Senin, 30 Juli 2018

Dari Mana Ide Datang?


“Cara terbaik untuk memiliki ide yang bagus adalah dengan memiliki banyak ide.” – Linus Pauling.
Kutipan diatas cocok sekali dengan pembahasan kita kali ini. Lalu pertanyaannya adalah bagaimana bisa memiliki ide yang bagus kalau mencari satu ide pun sulit?
Ide atau suatu gagasan sebenarnya bisa kita dapatkan dimana saja dan kapan saja. Namun, terkadang ketika kita butuh ide, ide itu tidak datang juga, karena memang ide itu tidak bisa hanya kita tunggu saja melainkan kita jemput. Dan tiap orang memiliki caranya masing-masing untuk mendatangkan ide.
Saat ini, ide itu bahkan bisa dijadikan ladang bisnis, contohnya creativepreneur. Jadi sederhananya, ide itu datangnya dari mana sih? Simak yuk penjelasan di bawah ini, semoga bisa menginspirasi Anda untuk mendatangkan ide.

1.     Banyak Membaca
Kalau Anda masih sering merasa kesulitan mendapatkan ide, bisa jadi salah satu faktornya adalah malas membaca. Padahal membaca itu tidak perlu membaca buku dengan pembahasan yang berat, cukup browsing di Google kita bisa puas membaca dan tau segala informasi. Biasakan diri untuk membaca artikel-artikel online yang mudah dipahami dan tidak membutuhkan waktu lama untuk  membaca. Atau menonton video yang menginspirasi di Youtube. Dari sana, kita bisa mendapatkan ide-ide baru dan tentunya sebagai ‘hiburan’. Jadi, biasakan diri untuk membaca setiap hari.

2.     Banyak berdiskusi
Kumpul-kumpul atau nongkrong dengan teman-teman juga bisa jadi ajang diskusi yang tepat nih. Selain menghilangkan penat, berdiskusi dengan teman-teman bisa bertukar pikiran dan sharing berbagai macam hal. Nah, dari situ kita bisa dapat inspirasi untuk ide. Kalau yang lain sibuk dan susah diajak ketemu bagaimana? Diskusi bisa dilakukan dengan membuka obrolan di group chatting, dengan begitu kita bisa bertukar pendapat dan berbagi informasi satu sama lain.

3.     Memahami ilmu yang relevan
Kalau mau mencari ide juga putuh pemicunya, yang artinya minimal kita sudah tahu basic dari ide yang mau dicari. Misalnya mau punya banyak ide soal marketing, pahami terlebih dahulu ilmu marketing tersebut. Sehingga kita bisa mengolah informasi baru yang dimiliki menjadi ide yang bisa dikumpulkan. Tentunya, memahami ilmu berkaitan erat dengan poin nomer 1 banyak membaca dan memperdalam ilmu tersebut.

4.     Banyak berbagi
Banyak berbagi itu tidak akan bikin kita kekurangan, justru dengan berbagi terutama berbagi ilmu, ilmu yang dimiliki akan bertambah dan tentu saja menjadi berkah. Kita bisa berbagi ilmu dengan cara menyalurkan melalui workshop, seminar, sharing di group, dan lain-lain. Dengan begitu, ide juga akan muncul. Mengapa? Karena ketika kita akan berbagi ide, mau tidak mau kita akan belajar sebelum membagikannya.

Sekian tips cara mendapatkan ide dari kami, cara-cara sederhana di atas bisa langsung dipraktekkan. Semoga bermanfaat dan sukses untuk kita semua.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar