Rabu, 28 November 2018

Kenapa Branding Penting?



Pernahkah Anda menyadari kalau branding merupakan salah satu faktor yang krusial bagi konsumen dalam memutuskan untuk membeli?
Proses branding adalah upaya untuk membentuk citra dan rasa keterikatan emosional antara konsumen dengan merk produk sertra perusahannya. Upaya tersebut meliputi proses kreatif seperti pembuatan logo, penentuan slogan, mendefinisikan pesan yang mau disampaikan, mengintegrasikan merk dengan bisni, dan berbagai kegiatan kreaftif lainnya yang bertujuan untuk membentuk persepsi konsumen.
Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap produk bermutu tinggi atau perusahaan yang bonafid selalu terkait dengan merk yang menarik, unik dan gampang untuk diingat. Dengan kata lain, kebanyakan bisnis-bisnis besar yang sukses berhasil menciptakan proses branding yang mampu menciptakan persepsi pada pelanggan untuk mengasosiasikan sebuah produk atau jasa tertentu terhadap sebuah merk.
Lantas, mengapa branding begitu penting bagi bisnis Anda terutama para pengusaha pemula? Jawabannya ada di tiga poin berikut ini.

1.      Diferensiasi Bisnis

Apapun bisnisnya, kita tidak bisa menghindari yang namanya pesaing. Begitupun dengan munculnya pesaing yang juga bermain dengan produk dan layanan yang sejenis. Oleh sebab itu pelanggan menjadi banyak memiliki pilihan dalam memuaskan kebutuhannya. Munculnya pesaing tersebut menyebabkan konsumen dihadapkan pada banyaknya pilihan. Bisnis yang dijalankan harus bisa bersaing dengan para pesaingnya. Maka dari itu untuk bisa bertahan dalam persaingan harus menjadi berbeda dengan arti lain harus mendiferensiasikan diri dengan pesaing. Di era explosion of choice sekarang ini, mau tak mau Anda harus mendiferensiasikan produk dan merek Anda, kalau tidak dipastikan produk Anda akan mati ditelan pesaing. So, kita mau memilih yang mana? “Diferentiate or die”? Apalagi sekarang sudah memasuki era disrupsi yang membuat bisnis tidak bisa terdiam pada posisi nyaman.


2.      Ciri Khas Tersendiri

Dalam menjalani sebuah bisnis tentu kamu akan menghadapi sebuah persaingan usaha. Untuk itu setiap usaha dituntut untuk memiliki sebuah ciri khas, sebagai pembeda sekaligus identitas. Tapi bukan perkara mudah untuk kamu bisa mempertahankan ciri khas tersebut, apalagi di tengah terpaan menjiplak di sana-sini. Ciri khas bisa Anda ciptakan melalui identitas warna, adanya panggilan khusus untuk pelanggan Anda, kualitas media sosial, serta buatlah konsumen loyal terhadap produk Anda seperti berilah bonus kecil di saat pembelian.

3.      Membangun Animo Pelanggan

Setelah berhasil menciptakan hubungan emosional yang kuat antara merk dengan pelanggan. Hal itu akan menjadi motivasi tersendiri bagi pelanggan untuk secara berkesinambungan terus membeli serta menggunakan produk atau jasa Anda. Inilah hasil yang akan dicapai jika hubungan yang kuat telah terbentuk antara merk dan pelanggan. Mereka akan mengasosiasikan merk Anda sebagai solusi terbaik terhadap permasalahan yang mereka hadapi.
Nah itu dia ketiga alasan mengapa branding itu penting. So, buat Anda pebisnis khususnya pebisnis pemula, jangan lupa dengan 3 poin di atas ya J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar