Kamis, 22 November 2018

The Power of Smile!



Bagi pelaku bisnis khususnya bisnis kuliner, pelayanan yang baik merupakah salah satu hal yang krusial.  Pada artikel kali ini kita akan membahas peran seseorang dalam bisnis kuliner yang berhubungan langsung dengan pelanggan, yaitu waitress. Karena waitress akan memberikan kesan yang baik/buruk tergantung dari pelayanan yang diberikannya.

Oleh karena itu, pelatihan “senyum, salam, sapa” atau yang biasa kita kenal dengan 3S itu sangat penting diterapkan pada para karyawan. Karena secara tidak langsung, dengan pelayanan yang ramah dan hangat dari waitress tersebut akan menambah value dari pelayanan restoran.

Namun, banyak dari karyawan yang sering melupakan pentingnya memberikan senyuman kepada konsumen. Dan hal yang harus diingat adalah kita tidak hanya menjual makanan, namun kita juga harus menjual service yang baik kepada para konsumen di restoran. Bagi foodpreneur semua wajib tau nih kenapa tersenyum itu memiliki value yang penting bagi bisnis kuliner

 1.  Membangun Energi Positif

Sebuah senyuman dapat membangun energi positif, kenapa? karena energI positif dari senyuman itu akan mengubah aura restoran. Saat waitress memberikan senyuman, hal itu akan membuat orang yang melihatnya merasa nyaman, tenang, dan bersahabat. Tidak hanya kepada para konsumen, senyum juga bisa memberikan energi positif kepada sesama karyawan. Karena dengan senyum juga dapat mengisi semangat supaya tetap produktif.


2. Memudahkan Kita dalam Menghadapi Pelanggan

Terkadang kita akan menemui konsumen yang tidak menyenangkan. Apalagi, jika konsumen itu sedang dalam mood yang buruk. Senyum merupakan cara yang efektif untuk menjernihkan keadaan yang ada. Karena ketika kita tidak terjebak dengan mood konsumen yang lagi buruk dan tetap tersenyum kepadanya, maka hal itu dapat menjernihkan keadaan yang ada dan bisa mengubah mood konsumen yang awalnya buruk menjadi lebih baik. Sehingga mereka akan merasakan kepuasan ketika memanfaatkan pelayanan dari restoran kita. Selain itu senyum akan membuat waitress menjadi lebih mudah bergaul dengan konsumen. Karena senyuman bisa menjadi awal dari keberhasilan bisnis Anda.


3. Menularkan Semangat Kepada Team

Tersenyum tidak hanya membawa hal baik bagi diri sendiri. Ternyata dengan tersenyum bisa membuat orang lain ikut bahagia. Coba saja jika Anda disenyumin orang lain, kemungkinan akan ikut tersenyum juga bukan? Jadi jangan segan untuk tersenyum, karena senyuman itu menularkan kebahagiaan bagi orang yang melihatnya. Tidak hanya itu, tersenyum juga bisa menularkan semangat kepada sesama team. Menurut psikolog Paula Niedenthal, kita cenderung memasang raut yang sama saat berkomunikasi dengan orang lain. Melalui ekspresi yang sama, kita akan bisa memberi penilaian lebih baik terhadap apa yang disampaikan seseorang. Reaksi yang muncul dari emosi itu memberi persepsi atau frekuensi yang sama, sehingga kita lebih memahami konteksnya. Jadi, alasan kita membalas senyuman orang lain adalah bahwa kita berusaha merasakan hal yang dirasakan orang lain. Dengan ekspresi sosial sederhana ini, manusia bisa menjalin komunikasi dan pengertian lebih mendalam dengan orang lain di sekitarnya.

So, mulai sekarang perbanyak senyum ya! Karena senyum itu merupakan ibadah dan bisa menimbulkan banyak hal positif.









\
Inspired by https://drive.google.com/file/d/1dCW2tLBpJFIOuXpLRgUD7jEGxhV90iNw/view


Tidak ada komentar:

Posting Komentar