Bagi
pelaku bisnis khususnya bisnis kuliner, pelayanan yang baik merupakah salah
satu hal yang krusial. Pada artikel kali
ini kita akan membahas peran seseorang dalam bisnis kuliner yang berhubungan
langsung dengan pelanggan, yaitu waitress. Karena waitress akan memberikan
kesan yang baik/buruk tergantung dari pelayanan yang diberikannya.
Oleh
karena itu, pelatihan “senyum, salam, sapa” atau yang biasa kita kenal dengan
3S itu sangat penting diterapkan pada para karyawan. Karena secara tidak
langsung, dengan pelayanan yang ramah dan hangat dari waitress tersebut akan
menambah value dari pelayanan restoran.
Namun,
banyak dari karyawan yang sering melupakan pentingnya memberikan senyuman
kepada konsumen. Dan hal yang harus diingat adalah kita tidak hanya menjual
makanan, namun kita juga harus menjual service yang baik kepada para konsumen
di restoran. Bagi foodpreneur semua wajib tau nih kenapa tersenyum itu memiliki
value yang penting bagi bisnis kuliner
1. Membangun Energi Positif
Sebuah senyuman dapat membangun energi positif, kenapa? karena energI positif dari senyuman itu akan mengubah aura restoran. Saat waitress memberikan senyuman, hal itu akan membuat orang yang melihatnya merasa nyaman, tenang, dan bersahabat. Tidak hanya kepada para konsumen, senyum juga bisa memberikan energi positif kepada sesama karyawan. Karena dengan senyum juga dapat mengisi semangat supaya tetap produktif.
2. Memudahkan Kita dalam Menghadapi Pelanggan
Terkadang kita akan menemui konsumen yang tidak menyenangkan. Apalagi, jika konsumen itu sedang dalam mood yang buruk. Senyum merupakan cara yang efektif untuk menjernihkan keadaan yang ada. Karena ketika kita tidak terjebak dengan mood konsumen yang lagi buruk dan tetap tersenyum kepadanya, maka hal itu dapat menjernihkan keadaan yang ada dan bisa mengubah mood konsumen yang awalnya buruk menjadi lebih baik. Sehingga mereka akan merasakan kepuasan ketika memanfaatkan pelayanan dari restoran kita. Selain itu senyum akan membuat waitress menjadi lebih mudah bergaul dengan konsumen. Karena senyuman bisa menjadi awal dari keberhasilan bisnis Anda.
3. Menularkan Semangat Kepada Team
1. Membangun Energi Positif
Sebuah senyuman dapat membangun energi positif, kenapa? karena energI positif dari senyuman itu akan mengubah aura restoran. Saat waitress memberikan senyuman, hal itu akan membuat orang yang melihatnya merasa nyaman, tenang, dan bersahabat. Tidak hanya kepada para konsumen, senyum juga bisa memberikan energi positif kepada sesama karyawan. Karena dengan senyum juga dapat mengisi semangat supaya tetap produktif.
2. Memudahkan Kita dalam Menghadapi Pelanggan
Terkadang kita akan menemui konsumen yang tidak menyenangkan. Apalagi, jika konsumen itu sedang dalam mood yang buruk. Senyum merupakan cara yang efektif untuk menjernihkan keadaan yang ada. Karena ketika kita tidak terjebak dengan mood konsumen yang lagi buruk dan tetap tersenyum kepadanya, maka hal itu dapat menjernihkan keadaan yang ada dan bisa mengubah mood konsumen yang awalnya buruk menjadi lebih baik. Sehingga mereka akan merasakan kepuasan ketika memanfaatkan pelayanan dari restoran kita. Selain itu senyum akan membuat waitress menjadi lebih mudah bergaul dengan konsumen. Karena senyuman bisa menjadi awal dari keberhasilan bisnis Anda.
3. Menularkan Semangat Kepada Team
Tersenyum
tidak hanya membawa hal baik bagi diri sendiri. Ternyata dengan tersenyum bisa
membuat orang lain ikut bahagia. Coba saja jika Anda disenyumin orang lain,
kemungkinan akan ikut tersenyum juga bukan? Jadi jangan segan untuk tersenyum,
karena senyuman itu menularkan kebahagiaan bagi orang yang melihatnya. Tidak
hanya itu, tersenyum juga bisa menularkan semangat kepada sesama team. Menurut psikolog Paula Niedenthal, kita
cenderung memasang raut yang sama saat berkomunikasi dengan orang lain. Melalui ekspresi yang
sama, kita akan bisa memberi penilaian lebih baik terhadap apa yang disampaikan
seseorang. Reaksi yang muncul dari emosi itu memberi persepsi atau frekuensi
yang sama, sehingga kita lebih memahami konteksnya. Jadi, alasan kita membalas
senyuman orang lain adalah bahwa kita berusaha merasakan hal yang dirasakan
orang lain. Dengan ekspresi sosial sederhana ini, manusia bisa menjalin
komunikasi dan pengertian lebih mendalam dengan orang lain di sekitarnya.
So, mulai sekarang perbanyak senyum ya! Karena senyum itu merupakan ibadah dan bisa menimbulkan banyak hal positif.
\
Inspired by https://drive.google.com/file/d/1dCW2tLBpJFIOuXpLRgUD7jEGxhV90iNw/view
Tidak ada komentar:
Posting Komentar